Rabu, 10 Maret 2010

KONSEP EKONOMI POLITIK MEDIA

Apa pengaruh atau hubungan media massa dalam ekonomi politik media?

Pertanyaan ini mengarah pada penjelasan tentang sejauh mana media mempunyai peran atau posisi di tengah kepentingan dan ideologi dalam ekonomi maupun politik. Wilayah ini mungkin adalah proses yang paling maju atau menonjol, karena adanya penenusuran dalam konteks media itu sendiri salah satunya dalam taraf mikro (tekstual) yaitu kita melihat media tersebut dari isinya, dimana isi media itu adalah suatu komoditas / barang dagangan. Dan di hadapkan pada serangkaian konsep teoritik tentang relasi sosial, ekonomi, jalinan kekuasaan yang berlangsung dalam produksi dan distribusi bahasa media. Dalam menjelaskan hal ini, Vincent Mosco memberikan tiga konsep penting untuk mendekatinya yaitu : komodifikasi (commodification), spasialisasi (spatialization) dan strukturasi( structuration) (Mosco, 1996:139).

Namun dalam penulisan ini hanya ingin menjelaskan salah satu konsep Mosco dalam ekonomi politik yang dilakukan oleh media massa yaitu konsep Komodifikasi (commodification ).

KOMODIFIKASI ( Commodification )

Vincent Mosco dalam “The Political Economi of Communication”, mengemukakan komodifikasi merupakan upaya mengubah apapun menjadi komoditas atau barang dagangan sebagai alat mendapatkan keuntungan. Komodifikasi berhubungan dengan bagaimana proses transformasi barang dan jasa beserta nilai gunanya menjadi suatu komoditas yang mempunyai nilai tukar di pasar. Secara umum, produk media umumnya berupa informasi dan hiburan. Tiga hal yang terkait dalam hal ini adalah isi media, konsumen / khayalak, dan iklan. Isi dalam media adalah komoditas yang dapat menaikkan jumlah konsumen atau khayalak dan jumlah tersebut dapat di jual pada pengiklan. Dan pendapatan yang masuk merupakan keuntungan dan dapat digunakan untuk ekspansi media.

Secara sederhananya media memanfaatkan khayalak / konsumen untuk mengambil suatu keuntungan yang sebesar-besarnya bagi perluasan media tersebut dengan mempromosikan program-program yang menarik yang ditawarkan oleh media, sehingga konsumen tertarik dengan program tertentu dan itu merupakan kesempatan bagi media untuk mengambil suatu keuntungan. Boleh jadi konsumen itu adalah khalayak pembaca media cetak, penonton televisi, pendengar radio, bahkan negara sekalipun yang mempunyai kepentingan dengannya. Dengan kata lain, perluasan (ekspansi) media menghasilkan kekuatan yang besar dalam mengendalikan khayalak / konsumen melalui sumber-sumber produksi media berupa teknologi, jaringan dan lainnya. Selain itu tentunya sebagai keuntungan bagi perusahaan.

Aplikasi Konsep Komodifikasi

Aplikasi konsep komodifikasi dalam peran media pada kasus Bank Century.

Pertama, masih banyak media yang terjebak dalam logika akumulasi keuntungan. Kasus Century diposisikan dalam konteks komodifikasi. Mengacu pada Vincent Mosco dalam “The Political Economi of Communication” (1996), komodifikasi itu merupakan pemanfaatan isi media dilihat dari kegunaannya sebagai komoditi yang dapat dipasarkan.

Jika kasus Century hanya diposisikan sebagai komodifikasi, maka tak heran produk media yang menonjol adalah sensasi, gossip, ulasan yang menonjolkan kontroversi dibanding substansi. Tak ada yang salah jika media untung karena oplah atau rating naik selama Pansus Century. Yang tidak tepat adalah jika realitas simbolik yang dikonstruksi media seputar Century bersifat dangkal dan tak memberikan pendidikan politik yang memadai.

Kedua, terkait dengan imparsialitas media. Jika kita perhatikan secara seksama, maka beberapa media massa yang sahamnya dimiliki oleh politisi yang terkait langsung ataupun tidak langsung dengan polemik kasus Century cenderung bias. Secara halus pembingkaian berita (news framing) dari media yang dimiliki politisi tersebut, mengarah pada posisi yang kurang obyektif. Misalnya terlihat dari pemilihan narasumber berita maupun talkshow, termasuk dalam narasi teks dan program yang diproduksi dan didistribusikan kepada khalayak.


Sumber :

”Politik Ekonomi Informasi oleh Anang Hermawan”. http : // Ekonomi Politik Media. www.google.com . Di akses pada tanggal 2 Maret 2010.

”Komodifikasi Century”, Jum, 05/03/2010 – 19:27 by GunGunHeryanto. http: // Konsep Komodifikasi Ekonomi Politik Media. www.google.com. Di akses pada tanggal 10 Maret 2010.

Media Massa Dalam Pendekatan Ekonomi Politik” by Liza Dwi Ratna Dewi. http: // Konsep Komodifikasi Ekonomi Politik Media. www.google.com. Di akses pada tanggal 10 Maret 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar