Kamis, 27 Mei 2010

TUGAS UAS PTK 1

PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI CARA MENDAPATKAN
DUKUNGAN SOSIAL


Teknologi internet seperti yang kita ketahui berkembang dengan sangat pesat dan berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dengan demikian, saat ini banyak bermunculan situs-situs jejaring sosial yang menyedot perhatian banyak massa. Salah satunya situs jejaring sosial yang mempunyai peminat yang tinggi adalah Facebook. Facebook secara khusus di negara Indonesia sudah menjadi “makanan” sehari-hari. Mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, pengusaha, pengacara, politisi, artis, tokoh-tokoh dunia dan lain-lain, dari berbagai kelas karena masalah penggunaan internet sudah bukan barang yang mahal karena hanya dengan beberapa ribu rupiah saja sudah bisa menjelajah kedunia maya di warnet-warnet pinggir jalan sehingga penggunaan Facebook merupakan hal yang biasa seperti penggunaan internet pada umumnya.

Pemanfaatan internet akhir - akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media internet tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industry, pendidikan dan pergaulan social. Khusus mengenai jejaring social atau pertemanan melalui dunia internet, atau lebih dikenal dengan social network pertumbuhannya sangat mencengangkan.

Secara khusus bagi negara Indonesia. Demam Facebook menggejala di Indonesia, sebagaimana yang dilaporkan oleh Tempo Interaktif 9 Februari 2009, dimulai pada pertengahan tahun 2008. Bahkan disebutkan juga hingga pertengahan 2007 Facebook nyaris tak dilirik pengguna Internet. Lonjakan pengguna Facebook pada pertengahan 2008 dibuktikan dengan statistik Facebook sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Luar biasanya lagi. Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006. Melihat sepakterjang Facebook yang semakin familiar dan digandrungi oleh pengguna internet di Indonesia, membuat kita bertanya-tanya, seperti apakah bentuk, daya tarik, dan kelebihan situs jaringan sosial yang telah menjadi trandsetter dalam dunia virtual ini.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Facebook telah menjanjikan fasilitas yang menjadi dambaan tiap penggunanya sehingga dapat menggeser situs pertemanan lain yang sebelumnya juga menjadi favorit masyarakat dunia secara luas seperti situs Friendster dan lain-lain. Lagi pula banyak silang pendapat bahwa Facebook merupakan bentuk Kapitalisme Informasional dimana situs ini diciptakan utk kepentingan kaum Kapitalis Amerika Serikat dimana target akhirnya secara global mempengaruhi kultur Negara-negara lain dan secara materi mendatangkan profit yang luar biasa besarnya.
Sebelum kita ingin mengetahui pengaruh atau dampak penggunaan Facebook sebagai cara untuk mendapatkan dukungan sosial. Terlebih dahulu kita melihat, asal mula dari Facebook itu sendiri dan apa yang dimaksud dengan jejaring sosial didalam Facebook.

Sejarah Facebook

Sebagaimana di rilis dalam Press Room official situs Facebook, dinyatakan bahwa web jaringan sosial ini pertama kali diluncurkan pada tahun 6 Februari 2004 dan bertujuan untuk memudahkan interaksi antar individu tanpa harus terikat oleh jarak dan sekat-sekat geografis.

Ditemukan pada bulan Januari 2004, Facebook adalah sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman-teman, keluarga dan teman sekerja. Perusahaan ini mengembangkan teknologi yang memudahkan dalam sharing informasi melewati social graph, digital mapping kehidupan real hubungan sosial manusia. Siapapun boleh mendaftar di Facebook dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal dalam lingkungan saling percaya.

Penemu situs pertemanan ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa “droup out” Universitas Harvard Amerika Serikat. Dia dilahirkan pada 14 Mei 1984. Kejeniusan dan kreativitas lewat Facebook membuat anak muda ini menempatkan dirinya sebagai jajaran 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Majalah Forbes edisi September 2008, tepatnya peringkat 321 dengan total kekayaan 1,5 Miliyar Dollar US. Sebenarnya Zuckerberg adalah mahasiswa jurusan Psikologi Harvard. Mengutak-atik dan menciptakan program komputer hanyalah kegiatan untuk bersenang-senang. Mungkin latar belakang keilmuan psikologi itulah ia tertarik untuk membuat situs-situs sosial. Sebelum menciptakan facebook ia telah merilis Coursematch yang memudahkan para mahasiswa melihat mata kuliah yang diambil, Facemash yang memungkinkan para pengguna mengukur daya tarik orang lain.

Pada usia 20 tahun, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook”. Awalnya diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Universitas Harvard. Hanya dalam 24 jam setelah diluncurkan, 1.200 mahasiswa Harvard sudah menjadi anggota. Dalam sebulan, separuh warga Harvard menjadi anggota. Keberhasilan ini membuat Zuckerberg membuka keanggotaan “The Facebook” untuk seluruh mahasiswa di Boston. Belakangan dibuka bagi mahasiswa Ivy League (kelompok delapan kampus paling top Amerika Serikat), dan kemudian seluruh mahasiswa di Amerika Serikat.

Tepat awal Februari yang lalu Facebook merayakan ulang tahunnya yang ke - 5. Sejauh ini tercatat lebih dari 175 juta pengguna Facebook tersebar di seluruh dunia yaitu pengguna yang telah aktif dalam 30 hari terakhir. 24 juta foto diunggah setiap hari, dan rata-rata jumlah teman per-anggota 120 orang.

Facebook di Indonesia

Pengguna Facebook di Indonesia masih didominasi oleh kaum kelas menengah ke atas yang memiliki akses internet (yang masih tergolong mahal di Indonesia), tetapi dengan makin mudah dan murahnya untuk menggunakan internet saat ini masyarakat kelas bawahpun sudah bisa ber Facebook ria melalui Warnet-warnet yang tumbuh bagai jamur disetiap pelosok tanah air. Kebanyakan mereka adalah pelajar, mahasiswa, dosen, pekerja, politisi, artis, pengacara, pengusaha,tokoh-tokoh nasional dan mungkin juga dipergunakan utk kejahatan transnasional.

Terhitung sampai 22 Februari 2009, 1.333.649 user Indonesia telah terdaftar di Facebook dan sekitar 73% (976.372 orang) di antaranya adalah user usia produktif (18-34 tahun). Dilihat dari gender, 688.306 user laki-laki dan 600.045 user perempuan.(Allfacebook.com; 2009)

Demam Facebook adalah kelanjutan dari keberhasilan situs komunitas Friendster yang berhasil menjaring 12 juta “registered users” atau sekitar 60% pengguna internet di Indonesia (Friendster.com; Juli 2008). Bahkan banyak pengguna Friendster yang melakukan migrasi ke Facebook karena layanan yang diberikan lebih lengkap dan mengikuti selera masyarakat. Facebook memiliki sederet fitur yang memungkinkan penggunanya berinteraksi langsung (real time), seperti chatting, tag foto, blog, game, dan update status ”what are you doing now” yang dinilai lebih keren dari Friendster.

Jejaring Sosial

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Jejaring sosial adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya. Bentuk kolaborasi antara lain adalah :
Saling bertukar pendapat/komentar
Mencari teman
Saling mengirim email
Saling memberi penilaian
Saling bertukar file dan lain sebagainya.

Jejaring Sosial di Internet.

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lain-lain. Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Jejaring Sosial di Facebook

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Secara umum, sebelum kita memasuki manfaat facebok sebagai cara untuk mendapatkan sosial, terlebih dahulu kita perlu mengetahui dampak negatif maupun positif dalam menggunakan situs jejaring sosial dari facebook ini.
Dampak Positif :
Memperluas pergaulan.
Sebagai media promosi dalam bisnis.

Dampak Negatif :
Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri.
Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang.

Facebook Sebagai Cara Untuk Mendapatkan Dukungan Sosial

Bukan hanya sebagai situs pertemanan atau hanya untuk mencari persahabatan saja, kini facebook digunakan sebagai lahan bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Kuatnya relasi karena di kunjungi oleh berjuta orang di dunia setiap harinya, sehingga penawaran bisnis menjadi lebih mudah apabila tidak ada suatu hambatan. Bukan hanya iklan saja yang mendapat banyak peluang dari pengguna situs ini. Dilihat bahwa, aktivitas-aktivitas sosial dilakukan melalui facebook, hal ini didukung karena banyaknya pengguna Facebook yang tiap hari semakin meningkat. Dengan adanya Facebook, memungkinkan orang betah berlama-lama didepan komputer atau laptop untuk mengakses situs jejaring tersebut. Melalui Facebook ini, orang-orang dapat menggunakannya untuk mendapatkan dukungan yang banyak melalui orang-orang yang menggunakan situs jejaring sosial ini. Sebagai contoh kasusnya yaitu Prita Mulyasari, dengan curhat kepada teman-temannya didunia maya, kemudian berujung kepada pengadilan karena curhatan yang dia nyatakan itu tersebar sampai kepada Rumah Sakit Omni Internasioanl.

Dengan adanya kasus tersebut, banyak mengundang khayalak luas tanpa terkecuali khayalak yang didalamnya adalah khayalak pengguna Facebook. Para penghuni dunia maya ini akhirnya menciptakan grup di Facebook untuk mendapatkan dukungan sosial sebanyak-banyaknya untuk mendukung Prita. Melalui hal ini akhirnya banyak bermunculan dukungan-dukungan sosial yang lainnya, baik didalam perpolitikkan pun terdapat grup yang mendukung partai ini dan lain sebagainya. Contoh yang lain yaitu Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Julia Perez Calon Bupati Pacitan.
Tak heran banyak partai yang mencari dukungan melalui situs jejaring tersebut. Menurut pendapat saya tentang cara mendapat dukungan melalui Facebook ini menarik karena dunia maya adalah dunia yang praktis dan efisien, selain sangat mudah mengikutinya, dunia maya secara khusus situs jejaring sosial Facebook ini banyak sekali orang yang ikut bergabung. Kita dapat melihat seberapa besar perhatian atau kepedulian yang dimiliki oleh sesama. Mendukung atau tidaknya itu dilihat dari hati nurani masing-masing orang. Yang terpenting secara teknis situs ini dapat digunakan dalam berbagai bentuk salah satunya untuk mendapatkan dukungan sosial. Hal yang menurut orang itu sulit untuk dilakukan didunia nyata, menurut mereka akan lebih baik itu dilakukan di dunia maya. Apabila dalam menggunakannya itu baik dan tidak ada maksud yangg dapat merugikan orang lain, kemungkinan besar itu tidak akan berdampak apa-apa. Karena seperti yang kita ketahui dunia maya adalah dunia yang luas atau tidak terbatas. Orang yang tidak bertanggung jawab dapat saja menggunakannya untuk menciptkan suatu kejahatan yang dapat merugikan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar